KEARIFAN LOKAL PADA IKLAN ROKOK TELEVISI DJI SAM SOE
Abstract
Iklan rokok adalah iklan yang dibatasi dengan dilarangnya
memperlihatkan wujud rokok inilah yang membuat iklan rokok berbeda, dan
harus berfikir lebih kreatif, Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Bhartes, Penelitian ini
bertujuan untuk melihat, memahami, menjelaskan dan mendeskripsikan
bagaimana kearifan lokal digambarkan dalam iklan rokok televisi Dji Sam Soe.
Hasil dari penelitian ini adalah, kearifan lokal yang ditampilkan pada iklan yaitu
sopan santun dalam menyapa orang khususnya menyapa orang yang lebih tua.
Kearifan yang menggambarkan keharmonisan antar anak muda dan orang tua
terwujud dalam ikan Dji Sam Soe versi musalaki dimana anak muda dan orang
tua secara gotong royong membangun rumah adat musalaki, dalam lingkup lebih
intim juga tergambar dalam iklan Dji Sam Soe versi sungkeman dimana anak
melakukan ritual sungkeman kepada orang tuanya menjelang menikah sebagai
wujud terima kasih karena telah dirawat dan dibesarkan. Kearifan lokal yang
menghubungkan manusia dengan alam dan lingkungan sekitar juga tergambar
dalam iklan versi silat minangkabau dan versi tari tobe papua. kearifan untuk
selalu menjaga diri dari berbagai rintangan, dalam iklan versi minang seorang
laki-laki minang harus bisa membela diri dengan silat, dalam versi tari tobe papua
kearifan untuk menjaga diri dan menjaga alam sekitar menjadi sesuatu yang
sakral, prosesi pemanggilan ruh leluhur pada tari tobe, dan atribut yang digunakan
masyarakat papua sangat lekat dengan alam, namun juga terkesan primitif.