View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KEPATUHAN TENAGA KESEHATAN DALAM MELAKUKAN IDENTIFIKASI PASIEN DI RS MUHAMMADIYAH BABAT

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (133.3Kb)
      BAB I (219.7Kb)
      BAB II (413.0Kb)
      BAB III (251.4Kb)
      BAB IV (328.5Kb)
      BAB V (96.82Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (153.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (666.2Kb)
      LAMPIRAN (2.081Mb)
      COVER (106.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (450.6Kb)
      Date
      2018-10-01
      Author
      HARINA, ANGGIA PUTRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang : Kesalahan karena kekeliruan identifikasi pasien sering terjadi di hampir semua tahapan pelayanan kesehatan. Kepatuhan petugas secara global dalam hal tersebut umumnya rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepatuhan tenaga kesehatan dalam melakukan identifikasi pasien di RS Muhammadiyah Babat. Metode : Penelitian ini dilakukan secara mixed method. Data kuantitatif diambil secara cross-sectional untuk melihat pengetahuan, kemampuan dan kepatuhan tenaga kesehatan melalui kuesioner dengan total sampling (n=51) menggunakan analisis statistik Spearman dan Annova. Data kualitatif diperoleh melalui purposive sampling dengan melakukan deep interview. Hasil : Kepatuhan tenaga kesehatan dalam melaksanakan identifikasi sesuai standard operating procedure rumah sakit ini sebesar 21,6%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan kemampuan dengan kepatuhan dalam melaksanakan identifikasi pasien (p=0,004). Hambatan dalam implementasi identifikasi pasien adalah kinerja Tim Keselamatan Pasien Rumah Sakit (TKPRS) yang belum maksimal, kurangnya sosialisasi, budaya dan beban kerja tinggi. Kesimpulan : Tingkat kepatuhan tenaga kesehatan perlu ditingkatkan. Manajemen harus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta mengatasi barrier agar kepatuhan dalam melaksanakan identifikasi pasien juga meningkat.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21654
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV