View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO MILIK RAKYAT (TOMIRA) DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (190.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (3.877Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (3.539Mb)
      ABSTRAK (156.4Kb)
      BAB I (686.4Kb)
      BAB II (586.1Kb)
      BAB III (1.040Mb)
      BAB IV (164.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (154.2Kb)
      LAMPIRAN (2.350Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (2.228Mb)
      Date
      2018
      Author
      PANDAYA, YOGA DWI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Semakin maraknya toko modern berjejaring di Kabupaten Kulon Progo menyebabkan sulitnya pemasaran produk-produk UMKM. Melalui gerakan Bela- Beli Kulon Progo, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi berbasis kerakyatan melalui kerja sama toko modern berjejaring bersama koperasi dengan nama Toko Milik Rakyat (Tomira). Melalui bentuk kerja sama ini, produk UMKM kini dapat dipasarkan melalui toko modern berbasis Tomira. Penelitian ini berusaha menganalisis strategi komunikasi pemasaran Tomira untuk meningkatkan omzet penjualan. Selanjutnya kerangka teori yang digunakan adalah teori strategi komunikasi pemasaran dan bauran promosi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang merupakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Penelitian ini dilaksanakan pada beberapa lokasi yaitu Dinas Koperasi UKM Kulon Progo, koperasi dan manajemen Tomira. Sementara metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pemasaran Tomira merupakan sebuah kesatuan antara pihak pemerintah, koperasi dan toko modern berjejaring. Dari temuan yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Tomira merupakan bentuk strategi komunikasi pemasaran terintegrasi dengan berbagai bentuk komunikasi meliputi perencanaan dan manajemen yang didukung oleh pihak pemerintah bersama dengan koperasi dan toko modern. Strategi komunikasi pemasaran tersebut kemudian diwujudkan melalui media pemasaran Tomira yang terdiri dari advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing, pameran dan bazaar serta dukungan pemasaran oleh pemerintah. Tomira menggunakan sistem dagang berbasis toko modern dengan membawa aspek lokal berupa kerja sama dengan koperasi sebagai penguatan ekonomi berbasis kerakyatan di Kabupaten Kulon Progo. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran Tomira adalah dukungan pemerintah dan juga potensi produk UMKM yang besar. Sedangkan faktor penghambat adalah belum maksimalnya pengelolaan produk UMKM secara konsisten dan berkelanjutan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21720
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV