View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN SISWA DALAM IBADAH SHALAT DI SMP N 2 KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (152.8Kb)
      BAB I (216.8Kb)
      BAB II (319.0Kb)
      BAB III (166.8Kb)
      BAB IV (239.8Kb)
      BAB IV (155.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (86.92Kb)
      HALAMAN JUDUL (389.6Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (383.6Kb)
      LAMPIRAN (2.199Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (656.2Kb)
      COVER (90.16Kb)
      Date
      2018-05-04
      Author
      PRIMAYANTI, PRIMAYANTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi kedisiplinan siswa dalam ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo, untuk mendiskripsikan dampak dari kedisiplinan siswa dalam melakukan kegiatan ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo, dan untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa dalam melakukan ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kulitatif. Penelitian ini mengambil data dari SMP N 2 Karangmojo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis yang bersifat induktif ketika berada di lapangan dan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah implementasi kedisiplinan siswa dalam ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo berjalan cukup disiplin dan tertib. Hal ini dapat dilihat dari dampak kedisiplinan siswa dalam kegiatan ibadah shalat adalah (1)Siswa merasa dekat dengan Allah SWT, (2)Menguatkan iman setiap siswa dan menjauhkan siswa dari perbuatan maksiat, (3)Siswa lebih mengenal dan lebih dekat dengan ajaran Agama Islam, (4)Siswa lebih tertib dalam menjalankan ibadah shalat, (5)Siswa menjadi lebih disiplin dalam menjalankan ibadah shalat di manapun berada, (6)Melatih kedisiplinan siswa dalam kehidupan sehari – hari, (7)Siswa lebih mengerti sikap dan perilaku yang berkarakter, (8)Siswa lebih mandiri dalam melakukan berbagai hal di kehidupan sehari – harinya. Faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam ibadah shalat adalah (1)Visi dan misi sekolah mengenai pengembangan religiusitas siswa, (2)Tersedia sarana yang memadahi, (3)Jadwal kegiatan shalat berjamaah siswa, (4)Absensi daftar hadir shalat berjamaah. Untuk faktor penghambat adalah (1)Kondisi malas yang membuat siswa tidak mengerjakan shalat, (2)Pengaruh lingkungan pergaulan, (3)Kurangnya kesadaran diri siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21925
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV