View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PROSES KONSELING PADA PENYANDANG AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (65.61Kb)
      BAB I (230.0Kb)
      BAB II (385.1Kb)
      BAB III (198.8Kb)
      BAB IV (479.9Kb)
      BAB V (126.2Kb)
      COVER (102.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (87.07Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.557Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (1.364Mb)
      LAMPIRAN (1.264Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.073Mb)
      Date
      2018-05-07
      Author
      CANDRA, HAFIDIA ISNA AULIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Anak dengan spektrum autis memiliki masalah perkembangan yang cukup berat. Namun mereka memiliki hak yang sama dalam pendidikan, sehingga tidak jarang kita temui mereka di sekolah-sekolah, baik di sekolah luar biasa maupun sekolah umum (inklusi). Anak autis membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam mengoptimakan kemampuannya. Perkembangan anak autis tidak seperti anak pada umumnya, mereka sering membentuk pola tertentu dan membutuhkan konsistensi yang tinggi. Oleh karena itu sekolah melalui bimbingan konseling memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak terutama keluarga yang memiliki intensitas interaksi sangat tinggi bersama anak. Dengan adanya kerjasama sekolah dan keluarga melalui bimbingan dan konseling, juga akan memudahkan dan membantu keluarga terutama orangtua dalam membangun hubungan serta melakukan intervensi yang tepat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses konseling pada penyandang Autisme di SLB Negeri 1 Bantul, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses konseling pada penyandang Autisme di SLB Negeri 1 Bantul. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) Proses konseling pada penyandang Autisme di SLB Negeri 1 Bantul terbagi menjadi dua proses yaitu proses konseling secara langsung dan proses konseling secara tidak langsung. Proses konseling secara langsung terdiri dari dua proses yaitu melakukan penggalian latar belakang masalah dan penyelesaian masalah. Sedangkan proses konseling secara tidak langsung menggunakan media modelling. (2) Faktor pendukung dalam proses konseling pada penyandang Autisme di SLB Negeri 1 Bantul terdiri dari tiga faktor pendukung yaitu kooperatif, kerjasama psikolog dengan guru, dan pengayaan wawasan / seminar. Sedangkan faktor penghambat dalam proses konseling pada penyandang Autisme di SLB Negeri 1 Bantul terdiri dari tiga faktor penghambat yaitu pergantian guru kelas, perbandingan jumlah guru dengan murid, idealnya dan realitanya, dan kurang pedulinya orang tua akan pendidikan anak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21935
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV