View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IDENTITAS MORAL GENERASI MILLENNIAL DAN POST-MILLENNIAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (146.2Kb)
      BAB I (361.4Kb)
      BAB II (456.4Kb)
      BAB III (353.0Kb)
      BAB IV (482.2Kb)
      BAB V (331.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (378.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (789.9Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (222.0Kb)
      LAMPIRAN (269.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (815.5Kb)
      COVER (166.5Kb)
      Date
      2018-05-05
      Author
      FATAHILLAH, NASHRULLAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Generasi Millennial dan Post-Millennial adalah generasi yang lahir ditengah-tengah perkembangan teknologi informasi. Mereka generasi yang fasih menggunakan teknologi karena bersinggungan langsung dalam kehidupan mereka. Pergeseran budaya sosial masyarakat Millennials dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan tentang identitas moral Generasi Millennial dan Post-Millennial, 2) menjelaskan tentang identitas moral Generasi Millennial dan Post-Millennial perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah Library Research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) karakter utama Generasi Millennial dan Post-Millennial adalah creative, confidence dan connected. Selain itu juga mereka sangat kecanduan Smartphone sehingga banyak membuang waktu, rendah atensi atau individualis, gaya hidup konsumtif serta orientasi dalam mencari hiburan yang berlebihan. 2) Perilaku moral yang menjadi identitas generasi tersebut merupakan peluang dan tantangan yang harus dihadapi. Relevansi terhadap konteks pendidikan Islam adalah perlunya peran pengawasan dari orangtua atau pendidik terhadap perbedaan kultur budaya kearah identitas yang positif. Pengaruh negatif dan penyalahgunaan dari teknologi perlu dipahami, agar bisa menjadi acuan dalam mendidik generasi muda kearah hal-hal yang positif yang bisa menjadi peluang dan bermanfaat bagi mereka.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21986
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV