View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI GURU DALAM PENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK DI MTs NEGERI 4 SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (40.80Kb)
      HALAMAN JUDUL (141.2Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (98.32Kb)
      ABSTRAK (20.82Kb)
      BAB I (28.42Kb)
      BAB II (65.31Kb)
      BAB III (25.02Kb)
      BAB IV (84.33Kb)
      BAB V (23.09Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (26.35Kb)
      LAMPIRAN (425.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (145.3Kb)
      Date
      2018-05-15
      Author
      SYUKRONI, AHMAD ZAMTHOHIR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman, untuk mengetahui strategi guru dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di Mts Negeri 4 Sleman, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan pengambat dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman. Penelitian ini menurut jenisnya merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 guru pendidikan akhlak dan 7 peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan ialah dengan menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Mulles dan Hubberman yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan Simpulan dan (4) Triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman sudah baik. (2) Strategi guru dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman dapat dilakukan melalui 4 cara yaitu melalui pelaksanaan program keagamaan, penanaman nilai keislaman, penanaman sikap peduli, berpikir positif, partisipatif, dan melalui pemilihan strategi pembelajaran. (3) Faktor pendukung dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman diantaranya sarana prasarana yang baik, budaya keagamaan di sekolah, keteladanan guru, kerjasama antar warga sekolah dan motivasi guru. Sedangkan faktor penghambat dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman diantaranya keterbatasan waktu tatap muka, media informasi, kurangnya dukungan keluarga, pengaruh lingkungan masyarakat.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22003
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV