dc.contributor.advisor | NURWANTO, NURWANTO | |
dc.contributor.author | ISTIQOMAH, ISTIQOMAH | |
dc.date.accessioned | 2018-10-15T01:32:31Z | |
dc.date.available | 2018-10-15T01:32:31Z | |
dc.date.issued | 2017-12-21 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22069 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara latar belakang
pendidikab dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IX SMPN 3 Cikarang Pusat, tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 41 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah korelasi sebab-akibat. Pendekatan yang penulis gunakan dalam
skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1)
angket, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1)
Latar belakang pendidikan orang tua yang ada di SMPN 3 Cikarang Pusat masih terbilang
rendah, yaitu dengan data sebanyak 19 orang tua berlatar belakang pendidikan SD, 14 orang tua
belatar belakang pendidikan SMP, dan 7 Orang Tua berlatar belakang pendidikan SMA, (2) pola
asuh orang tua terhadap anaknya di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang,
yaitu dengan responden 30 siswa dengan presentase sebanyak 73%, (3) Pola asuh orang tua
terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang, yang
mana jumlah responden sebanyak 41 berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 15 siswa
dengan perolehan prosentase sebesar 37%, dan (4) Pengolahan data berdasarkan tabel 4.15 yang
menunjukkan signifiknasi sebesar 0,002 yang berarti bahwa lebih kecil dari 0,005, maka dapat
diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan
pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat tahun 2017/2018. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara latar belakang
pendidikab dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IX SMPN 3 Cikarang Pusat, tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 41 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah korelasi sebab-akibat. Pendekatan yang penulis gunakan dalam
skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1)
angket, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1)
Latar belakang pendidikan orang tua yang ada di SMPN 3 Cikarang Pusat masih terbilang
rendah, yaitu dengan data sebanyak 19 orang tua berlatar belakang pendidikan SD, 14 orang tua
belatar belakang pendidikan SMP, dan 7 Orang Tua berlatar belakang pendidikan SMA, (2) pola
asuh orang tua terhadap anaknya di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang,
yaitu dengan responden 30 siswa dengan presentase sebanyak 73%, (3) Pola asuh orang tua
terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang, yang
mana jumlah responden sebanyak 41 berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 15 siswa
dengan perolehan prosentase sebesar 37%, dan (4) Pengolahan data berdasarkan tabel 4.15 yang
menunjukkan signifiknasi sebesar 0,002 yang berarti bahwa lebih kecil dari 0,005, maka dapat
diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan
pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat tahun 2017/2018. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Latar Belakang Pendidikan, Orang Tua, Pola Asuh, Prestasi Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 3 CIKARANG PUSAT TAHUN AJARAN 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |