View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS METODE RASYIDAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT KARTIKA KRANGGAN TEMANGGUNG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (75.35Kb)
      HALAMAN JUDUL (431.2Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (405.5Kb)
      ABSTRAK (225.2Kb)
      BAB I (236.9Kb)
      BAB II (271.0Kb)
      BAB III (172.4Kb)
      BAB IV (419.2Kb)
      BAB V (173.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (224.4Kb)
      LAMPIRAN (1.339Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (490.5Kb)
      Date
      2017-12-07
      Author
      NAIM, RAHMAT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung, 2) Mengetahui efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung, 3) Mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Rasyida di SDIT Kartika Kranggan Temanggung. Penelitian ini bersifat kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru pengajar dan peserta didik kelompok kelas 2 berjumlah 35 siswa. Data yang terkumpul dianalisis mengunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung dipersiapkan secara terencana dan sistematis. 2) Hasil belajar menunjukan bahwa siswa setelah pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah sudah efektif. Hal tersebut diketahui dari hasil pencapaian target kelas yang telah mencapai target pada semester satu, hasil wawancara dengan peserta didik yang menyatakan senang dan mudah dengan metode Rasyidah dan pembelajaran yang telah berjalan dengan perencanaan. 3) Terdapat faktor pendukung di dalam penerapan metode Rasyidah yaitu kemampuan pedagogik guru yang baik, sarana prasarana yang mendukung, komunikasi guru pengampu dengan koordinator yang baik, metode Rasyidah yang mudah dan menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat antara lain guru pengajar yang tidak hadir atau izin, kemampuan siswa yang beragam, siswa yang tidak membawa buku pembelajaran dan sarana prasarana yang rusak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22071
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV