View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA BAITUL QUR’AN DOMPET PEDULI UMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (173.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (593.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (228.3Kb)
      ABSTRAK (128.8Kb)
      BAB I (236.6Kb)
      BAB II (333.1Kb)
      BAB III (170.5Kb)
      BAB IV (310.7Kb)
      BAB V (219.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (151.1Kb)
      LAMPIRAN (1.213Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (514.6Kb)
      Date
      2018
      Author
      SARI, DIAN RATNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran thafidz Al-Qur’an di asrama Baitul Qur’an Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta, mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, serta menganalisis pencapaian hasil belajar santri setelah mengikuti program tahfidz Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi ex post facto dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian ini menggunakan teori stufflebeam dengan menggunakan alur penelitian contect, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah 17 orang santri. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi, display data, dan menyimpulkan/verifikasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context (konteks) menunjukkan bahwa, dukungan dari asrama terhadap program pembelajaran tahfidz al-Qur’an ini sudah baik. (2) Evaluasi input (masukan) menunjukkan bahwa, asrama tealah mengetahui kemampuan awal para santrinya, hal ini dikarenakan pihak DPU Daruut tauhiid Yogyakarta telah melaksanakan placemen test membaca al-Qur’an pada saat santri mendaftar ke DPU Daruut tauhiid Yogyakarta. (3) Evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa, kesesuaian waktu pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan (4) Evaluasi product (hasil) menunjukkan bahwa sebanyak 29% santri yang dapat menyelesaikan target hafalannya dan selebihnya belum dapat mencapai target, oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa program tahfidz di asrama Baitul Qur’an DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta belum berhasil.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22074
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV