dc.contributor.author | SUGIARTO, SUGIARTO | |
dc.date.accessioned | 2018-10-19T03:42:51Z | |
dc.date.available | 2018-10-19T03:42:51Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22352 | |
dc.description | satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
sehingga instruktur harus mengetahuinya bagaimana cara memberian
feedback secara konstruktif. Pemberian feedback yang konstruktif pada
metode simulasi perlu dilakukan kepada mahasiswa agar mahasiswa
termotivasi dalam memperbaiki diri dan dapat meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen
dengan desain penelitian pre test and post test with the control group .
Sampel penelitian pada penelitian ini yaitu 77 dengan 40 mahasiswa
kelompok intervensi dan 37 kelompok kontrol dengan teknik
purposive sampling, pada kelompok intervensi diberikan feedback yang
konstruktif sedangkan pada kelompok kontrol diberikan masukan
secara bersamaan atau konvensional. Berdasarkan hasil uji korelasi
paired sampel t-tes terlihat adanya perbedaan yang signifikan pada
kelompok intervensi yang diberikan feedback yang konstruktif dengan
nilai p-value ≤ 0,05 dibandingkan dengan kelompok kontrol yang
diberikan masukan secara konvensional dengan nilai p-value ≥ 0,05.
Dapat disimpulkan bahwa pemberian feedback secara konstruktif dapat
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.
Kata Kunci: Metode Simulasi, Feedback Konstruktif, Pengetahuan Dan
Keterampilan | en_US |
dc.description.abstract | Background constructive feedback is an effort to increase
knowledge and skills so that instructors can find out how to
provide constructive feedback. Constructive feedback of
simulation methods needs to be given to students in order that
they are motivated to increase their knowledge and skill. The
purpose of this research is to find out the improvement of
knowledge and skills. Methods used in this study is quasi
experiment using pretest and posttest with control group. Total
respondents used in this study are 77 respondents with 40
students of intervention group and 37 students of control group
using purposive sampling technique. in the intervention group
given constructive feedback on groups that were given
conventionally. The results of the study using a paired sample ttest
showed that there was a significant influence on the
intervention group given constructive feedback and the control
group was given conventional input with the p-value results in the
intervention group given constructive feedback to the groups
given consistently ≤0.05 feedback with p-value ≤ 0.05 compared
to the control group that was conventionally input with a p-value
≥ 0.05. The conclusion of giving constructive feedback can
increase student knowledge and skills.
Keywords: simulation methods, constructive feedback,
knowledge and skill | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MKEP UMY | en_US |
dc.subject | simulation methods | en_US |
dc.subject | constructive feedback | en_US |
dc.subject | knowledge and skill | en_US |
dc.title | EFEKTIFITAS METODE SIMULASI DAN FEEDBACK YANG KONSTRUKTIF DALAM PELATIHAN CARDIOPULMONARY RESPIRATORY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MAHASISWA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |