Show simple item record

dc.contributor.authorSUGIARTO, SUGIARTO
dc.date.accessioned2018-10-19T03:42:51Z
dc.date.available2018-10-19T03:42:51Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22352
dc.descriptionsatu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga instruktur harus mengetahuinya bagaimana cara memberian feedback secara konstruktif. Pemberian feedback yang konstruktif pada metode simulasi perlu dilakukan kepada mahasiswa agar mahasiswa termotivasi dalam memperbaiki diri dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test with the control group . Sampel penelitian pada penelitian ini yaitu 77 dengan 40 mahasiswa kelompok intervensi dan 37 kelompok kontrol dengan teknik purposive sampling, pada kelompok intervensi diberikan feedback yang konstruktif sedangkan pada kelompok kontrol diberikan masukan secara bersamaan atau konvensional. Berdasarkan hasil uji korelasi paired sampel t-tes terlihat adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi yang diberikan feedback yang konstruktif dengan nilai p-value ≤ 0,05 dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberikan masukan secara konvensional dengan nilai p-value ≥ 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pemberian feedback secara konstruktif dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Kata Kunci: Metode Simulasi, Feedback Konstruktif, Pengetahuan Dan Keterampilanen_US
dc.description.abstractBackground constructive feedback is an effort to increase knowledge and skills so that instructors can find out how to provide constructive feedback. Constructive feedback of simulation methods needs to be given to students in order that they are motivated to increase their knowledge and skill. The purpose of this research is to find out the improvement of knowledge and skills. Methods used in this study is quasi experiment using pretest and posttest with control group. Total respondents used in this study are 77 respondents with 40 students of intervention group and 37 students of control group using purposive sampling technique. in the intervention group given constructive feedback on groups that were given conventionally. The results of the study using a paired sample ttest showed that there was a significant influence on the intervention group given constructive feedback and the control group was given conventional input with the p-value results in the intervention group given constructive feedback to the groups given consistently ≤0.05 feedback with p-value ≤ 0.05 compared to the control group that was conventionally input with a p-value ≥ 0.05. The conclusion of giving constructive feedback can increase student knowledge and skills. Keywords: simulation methods, constructive feedback, knowledge and skillen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectsimulation methodsen_US
dc.subjectconstructive feedbacken_US
dc.subjectknowledge and skillen_US
dc.titleEFEKTIFITAS METODE SIMULASI DAN FEEDBACK YANG KONSTRUKTIF DALAM PELATIHAN CARDIOPULMONARY RESPIRATORY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MAHASISWAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record