View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (146.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.075Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (213.9Kb)
      ABSTRAK (207.2Kb)
      BAB I (221.4Kb)
      BAB II (226.1Kb)
      BAB III (341.4Kb)
      BAB IV (757.4Kb)
      BAB V (76.06Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (223.6Kb)
      LAMPIRAN (139.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (603.4Kb)
      Date
      2018-08-21
      Author
      HAQ, AZHARI SIBGHOTUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam masih mengalami banyak permasalahan. Salah satu permasalahan yang ada adalah masalah filosofis dan dasar-dasar serta konsep pendidikan Islam itu sendiri. Masalah ini terkait terminologi atau peristilahan pendidikan Islam yang masih menjadi pembahasan. Banyak istilah-istilah yang digunakan untuk merujuk pendidikan Islam, namun tidak semuanya cukup mendeskripsikan pendidikan Islam itu sendiri. Oleh karena itu perlu kajian terhadap sumber ajaran Islam (al-Quran) dalam rangka menggali konsep pendidikan Islam yang diwakili istilah tertentu. Penggalian konsep ini merujuk kepada tafsir-tafsir yang dikaji secara tematis. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri istilah pendidikan Islam dalam al-Quran. Setelah menemukan istilahnya, tujuan selanjutnya adalah menggali konsep al-Quran terkait istilah tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Data yang relevan dengan penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber kepustakaan. Selanjutnya, untuk mendekati permasalahan digunakan pendekatan kualitatif Analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan menggunakan metode deskriptif-analitis. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa istilah yang mewakili konsep pendidikan Islam yang terdapat dalam al-Quran adalah ta’lim dan tarbiyah. Terdapat 17 ayat yang mengandung istilah tarbiyah, dan 36 ayat yang mengandung istilah ta’lim. Kedua kata ini memiliki konsep tersendiri yang dijelaskan oleh al-Quran. Konsep tarbiyah merupakan konsep pendidikan dalam Islam, namun lebih bersifat umum dan cenderung mengarah pada konteks pendidikan keluarga. Sedangkan konsep ta’lim merupakan konsep pendidikan Islam, yang lebih rinci penjelasannya di dalam al-Quran serta mencakup banyak aspek yang lebih luas. Keduanya memiliki deskripsi atau unsur-unsur seperti proses, tujuan, subjek, dan materi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22362
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV