Show simple item record

dc.contributor.advisorISMAIL, GHOFFAR
dc.contributor.authorHAQ, AZHARI SIBGHOTUL
dc.date.accessioned2018-10-19T06:29:17Z
dc.date.available2018-10-19T06:29:17Z
dc.date.issued2018-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22362
dc.description.abstractDunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam masih mengalami banyak permasalahan. Salah satu permasalahan yang ada adalah masalah filosofis dan dasar-dasar serta konsep pendidikan Islam itu sendiri. Masalah ini terkait terminologi atau peristilahan pendidikan Islam yang masih menjadi pembahasan. Banyak istilah-istilah yang digunakan untuk merujuk pendidikan Islam, namun tidak semuanya cukup mendeskripsikan pendidikan Islam itu sendiri. Oleh karena itu perlu kajian terhadap sumber ajaran Islam (al-Quran) dalam rangka menggali konsep pendidikan Islam yang diwakili istilah tertentu. Penggalian konsep ini merujuk kepada tafsir-tafsir yang dikaji secara tematis. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri istilah pendidikan Islam dalam al-Quran. Setelah menemukan istilahnya, tujuan selanjutnya adalah menggali konsep al-Quran terkait istilah tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Data yang relevan dengan penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber kepustakaan. Selanjutnya, untuk mendekati permasalahan digunakan pendekatan kualitatif Analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan menggunakan metode deskriptif-analitis. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa istilah yang mewakili konsep pendidikan Islam yang terdapat dalam al-Quran adalah ta’lim dan tarbiyah. Terdapat 17 ayat yang mengandung istilah tarbiyah, dan 36 ayat yang mengandung istilah ta’lim. Kedua kata ini memiliki konsep tersendiri yang dijelaskan oleh al-Quran. Konsep tarbiyah merupakan konsep pendidikan dalam Islam, namun lebih bersifat umum dan cenderung mengarah pada konteks pendidikan keluarga. Sedangkan konsep ta’lim merupakan konsep pendidikan Islam, yang lebih rinci penjelasannya di dalam al-Quran serta mencakup banyak aspek yang lebih luas. Keduanya memiliki deskripsi atau unsur-unsur seperti proses, tujuan, subjek, dan materi.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpendidikan Islam, tafsir, ta’lim dan tarbiyahen_US
dc.titleKONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’ANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 248en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record