View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU PINTAR KARF (KARTU SHOROF) DALAM PEMBELAJARAN ILMU SHOROF (STUDI EKSPERIMEN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA SEMESTER 4 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB TAHUN AJARAN 2017/2018)

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (747.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (1.088Mb)
      BAB I (493.3Kb)
      BAB II (774.6Kb)
      BAB III (1.238Mb)
      BAB IV (932.2Kb)
      BAB V (496.6Kb)
      COVER (266.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (336.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (7.578Mb)
      LAMPIRAN (3.821Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.369Mb)
      Date
      2018-08-03
      Author
      NURLAELI, NURLAELI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitan penggunaan media Permainan Karf (Kartu Shorof) dalam pembelajaran Ilmu Shorof terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta semester 4 tahun ajaran 2017/2018, bagaimana penerapannya, sistem permainannya serta kelebihan dan kekurangan penggunaan media tersebut. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group - pre test post test design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Permainan Karf (Kartu Shorof) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pembelajaran Ilmu Shorof dalam hal hasilnya. Populasi penelitian berjumlah 35 mahasiswa, sementara sampel penelitian berjumlah 17 mahasiswa dari populasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara non-terarah, tes dan dokumentasi. Teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling, pengambilan sampel penelitian berdasarkan kriteria yang dibutuhkan peneliti. Instrumen penelitian ini adalah lembar kisi-kisi obervasi, lembar hasil wawancara non-terarah dan lembar soal pre test – post test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Eksperimen permainan Karf dilaksanakan dalam satu waktu, 2) Mahasiswa semester 4 angkatan 2016 antusias dalam mengikuti eksperimen Karf, 3) terdapat peningkatan skor signifikan dari kegiatan pre test dengan post test, yaitu dari skor 14,00 - 18,94, maka media permainan Karf efektif dalam pembelajaran ilmu shorof, 4) kelebihan: terbatasnya waktu menyebabkan eksperimen hanya bisa dilaksanakan satu waktu dan satu jenis permainan Karf, terbatasnya konten kartu Karf serta peneliti tidak memperhatikan kepada gaya belajar mahasiswa yang bermcammacam.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22373
      Collections
      • Department of Arabic Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV