EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU PINTAR KARF (KARTU SHOROF) DALAM PEMBELAJARAN ILMU SHOROF (STUDI EKSPERIMEN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA SEMESTER 4 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB TAHUN AJARAN 2017/2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitan penggunaan media Permainan
Karf (Kartu Shorof) dalam pembelajaran Ilmu Shorof terhadap mahasiswa Prodi
Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta semester 4 tahun
ajaran 2017/2018, bagaimana penerapannya, sistem permainannya serta kelebihan dan
kekurangan penggunaan media tersebut.
Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group - pre
test post test design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Permainan Karf
(Kartu Shorof) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pembelajaran Ilmu
Shorof dalam hal hasilnya. Populasi penelitian berjumlah 35 mahasiswa, sementara
sampel penelitian berjumlah 17 mahasiswa dari populasi penelitian. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara
non-terarah, tes dan dokumentasi. Teknik sampling penelitian ini adalah purposive
sampling, pengambilan sampel penelitian berdasarkan kriteria yang dibutuhkan
peneliti. Instrumen penelitian ini adalah lembar kisi-kisi obervasi, lembar hasil
wawancara non-terarah dan lembar soal pre test – post test. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian: 1) Eksperimen permainan Karf dilaksanakan dalam satu waktu, 2)
Mahasiswa semester 4 angkatan 2016 antusias dalam mengikuti eksperimen Karf, 3)
terdapat peningkatan skor signifikan dari kegiatan pre test dengan post test, yaitu dari
skor 14,00 - 18,94, maka media permainan Karf efektif dalam pembelajaran ilmu
shorof, 4) kelebihan: terbatasnya waktu menyebabkan eksperimen hanya bisa
dilaksanakan satu waktu dan satu jenis permainan Karf, terbatasnya konten kartu Karf
serta peneliti tidak memperhatikan kepada gaya belajar mahasiswa yang bermcammacam.