View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      METODE MENDIDIK ANAK MENURUT AL-QAHTHANI

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (83.42Kb)
      NOTA DINAS (342.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (312.9Kb)
      HALAMAN PERNYATAAN (290.7Kb)
      ABSTRAK (31.40Kb)
      HALAMAN JUDUL, DAFTAR ISI, DLL (432.6Kb)
      BAB I (169.3Kb)
      BAB II (162.6Kb)
      BAB III (100.6Kb)
      BAB IV (384.4Kb)
      BAB V (62.16Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (106.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (631.4Kb)
      Date
      2018-08-27
      Author
      PRABOWO, INGGIT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Berawal dari pentingnya pendidikan dalam suatu bangsa maka diperlukan metode yang tepat dalam pelaksanaan proses pendidikan sehingga terbentuk generasi yang kuat spiritual dan kuat moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang metode mendidik anak menurt al-Qahthani dan bagaimana relevansinya dalam pendidikan keluarga dan pendidikan modern. Penelitian ini diharapkan nantinya dapat menambah khasanah dalam keilmuan pendidikan Islam yang bermanfaat di dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Jenis penelitan ini yaitu penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitan yang mengkaji literature-literatur, dan data yang berkaitan dengan metode mendidik anak menurt Al-Qahthani, dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu analisis isi (content analysis) dan juga menggunakan analisi deduktif dan induktif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode mendidik anak yang ditawarkan oleh Alqahthani dalam Kitab Al-Hady An-Nabawi Fi< Tarbiyati Al-Aula>di Fi< D{aui Al-Kita>b wa As-Sunnah relevansinya terhadap pendidikan keluarga dan pendidikan modern (di Indonesia). Selain itu, sifat penelitian ini deskriptif-analisis, yaitu penelitian yang menjelaskan dan menganalisis data-data yang sudah ada. Dari pembahasan yang dilakukan maka menghasilkan simpulan sebagai berikut: metode mendidik anak yang ditawarkan oleh Al-Qahthani terdapat sepuluh pokok pembahasan, di mana pendidikan tersebut meliputi pendidikan agama, pendidikan akidah, pendidikan ibadah pendidikan akhlak, pendidikan profesi dan pendidikan jasmani. Sehingga metode yang ditawarkan oleh Al-Qahthani cukup relavan dengan pendidikan keluarga dalam Islam. Selain itu metode mendidik anak tersebut juga sejalan dengan sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22579
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV