View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      POTENSI PENDIDIKAN MANUSIA DALAM HADIS NABI

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (178.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (173.0Kb)
      HALAMAN PERNYATAAN (310.8Kb)
      HALAMAN PERSEMBAHAN (81.66Kb)
      KATA PENGANTAR (209.8Kb)
      DAFTAR ISI (152.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (438.5Kb)
      ABSTRAK (187.5Kb)
      BAB I (209.3Kb)
      BAB II (264.7Kb)
      BAB III (329.3Kb)
      BAB IV (477.7Kb)
      BAB V (234.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (144.5Kb)
      LAMPIRAN 1 (528.5Kb)
      LAMPIRAN 2 (432.9Kb)
      LAMPIRAN 3 (324.9Kb)
      COVER NASKAH PUBLIKASI (178.3Kb)
      PENGESAHAN NASKAH PUBLIKASI (251.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (355.8Kb)
      FORM PENGESAHAN NASKAH PUBLIKASI (475.1Kb)
      Date
      2018-05-15
      Author
      LESTARI, INDAH AYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Rasulullah SAW mengajarkan cara mengembangkan potensi manusia dengan pendidikan Islam. Perkembangan potensi manusia dipengaruhi oleh orang tua, teman, dan lingkungan di sekitarnya. Oleh karenanya Rasulullah menerapkan pendidikan Islam dalam pengembangan potensi manusia, melalui orang tua dan lingkungan masyarakat. Supaya manusia yang terbentuk di lingkungan tersebut potensinya dapat berkembang dengan baik, karena manusia merupakan khalifah di bumi ini. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan makna hadis setiap manusia terlahir dalam keadaan fitrah, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi potensi manusia. Metode penelitian yang digunakan meliputi jenis penelitian dan metode analisis data. Jenis penelitiannya ialah penelitian pustaka (Library research), yaitu penelitian yang objek utamanya ialah bahan-bahan pustaka meliputi sumber data primer, sekunder dan pendukung. Sedangkan metode analisis data berupa metode deskriptif-analitis dengan menggunkan teori ma’ani al-ḥadῑṡ yang ditawarkan oleh Yusuf al-Qaradhawi. Metode pemaknaan hadis tersebut berupa mengkopromikan hadis dengan al-Qur’an, hadis dengan hadis dan lain sebagainya. Yusuf al-Qaradhawi dalam memaknai hadis menggunakan sepuluh cara. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah bahwa pada dasarnya manusia mempunyai potensi alami dalam dirinya, yang akan m]berkembang apabila dilakukannya pendidikan. Potensi pada manusia itu berupa potensi keyakinan mentauhidkan Allah, potensi bakat manusia, dan potensi daya berfikir. Sedangkan faktor-faktor pendidikan yang dialami manusia sehingga dapat mengembangkan potensinya itu adalah faktor dasar manusia, kedua orang tua, dan lingkungan masyarakat.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22706
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV