View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH STANDAR PELAYANAN KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RSUD PRAMBANAN YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (150.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (262.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (158.6Kb)
      ABSTRAK (97.76Kb)
      BAB I (118.2Kb)
      BAB II (188.1Kb)
      BAB III (168.7Kb)
      BAB IV (173.0Kb)
      BAB V (74.84Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (95.13Kb)
      LAMPIRAN (204.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (171.0Kb)
      Date
      2018-11-10
      Author
      HIDAYAT, WACHID NUR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang: Peningkatan standar pelayanan kesehatan tidak bisa lepas dari kepuasan pelanggan sebagai pengguna jasa layanan. Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, agar menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang berperan aktif serta ikut mendukung tujuan pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan. Metode: Penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pasien peserta BPJS yang periksa di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan yaitu sebanyak 10.573 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil: Standar pelayanan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan. Besarnya kontribusi standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan sebesar 60,8% sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kesimpulan: Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan dengan kontribusi sebesar 60,8%.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22831
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV