PENGARUH STANDAR PELAYANAN KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RSUD PRAMBANAN YOGYAKARTA
Abstract
Latar belakang: Peningkatan standar pelayanan kesehatan tidak bisa lepas dari kepuasan pelanggan sebagai pengguna jasa layanan. Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk
memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, agar menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang berperan aktif serta ikut mendukung tujuan pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN).
Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan.
Metode: Penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pasien peserta BPJS yang periksa di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan yaitu sebanyak 10.573 orang.
Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi.
Hasil: Standar pelayanan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan. Besarnya kontribusi standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan sebesar 60,8% sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Kesimpulan: Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan dengan kontribusi sebesar 60,8%.