View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SDN PERCOBAAN 2 DAN SD MUHAMMADIYAH SAPEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (1.226Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (509.8Kb)
      ABSTRAK (70.04Kb)
      BAB I (104.4Kb)
      BAB II (129.2Kb)
      BAB III (135.6Kb)
      BAB IV (351.3Kb)
      BAB V (13.04Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (11.95Kb)
      LAMPIRAN (2.251Mb)
      Date
      2018-11-10
      Author
      ROFIAH, ANIS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rancangan program pendidikan karakter dan Gerakan Literasi dalam membentuk karakter kemandirian belajar siswa: (3) penilaian orang tua dan siswa terhadap kedua program tersebut; (3) perubahan tingkah laku kemandirian belajar siswa kelas 4 sebagai hasil dari pelaksanaan kedua program tersebut; dan (4) kemandirian belajar siswa yang terinternalisasi pada diri siswa. Jenis penelitihan ini adalah penelitihan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas 4 dan seluruh siswa kelas 4 SDN Percobaan 2 dan SD Muhammadiyah Sapen. Populasi siswa kedua sekolah tersebut berjumlah 213 siswa, dan sebagai sampel penelitian 65% atau sejumlah 141 siswa. Data diambil dengan dokumentasi, wawancara dan angket. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Optimalisasi pendidikan karakter, baik SD Muhammadiyah Sapen maupun di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dilaksanakan dengan strategi pemberian reward dan punishment dan terbukti memberikan hasil yang baik dengan perolehan prestasi di tingkat nasional maupun internasional, kualitas lulusan yang handal, dan lingkungan sekolah yang representatif dan kondusif; (2) orang tua dan siswa menilai kedua program tersebut positif dan mendukungnya; (3) kemandirian belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Sapen berada pada kategori sangat mandiri; dan (4) Keteladanan dan embiasaan dalam program pendidikan karakter dan gerakan literasi di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Sapen membawa dampak terinternalisasinya kemandirian belajar pada diri setiap siswa dalam jangka panjang
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22839
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV