dc.contributor.author | ROFIAH, ANIS | |
dc.date.accessioned | 2018-11-05T03:01:39Z | |
dc.date.available | 2018-11-05T03:01:39Z | |
dc.date.issued | 2018-11-10 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22839 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rancangan program pendidikan karakter dan Gerakan Literasi dalam membentuk karakter kemandirian belajar siswa: (3) penilaian orang tua dan siswa terhadap kedua program tersebut; (3) perubahan tingkah laku kemandirian belajar siswa kelas 4 sebagai hasil dari pelaksanaan kedua program tersebut; dan (4) kemandirian belajar siswa yang terinternalisasi pada diri siswa.
Jenis penelitihan ini adalah penelitihan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas 4 dan seluruh siswa kelas 4 SDN Percobaan 2 dan SD Muhammadiyah Sapen. Populasi siswa kedua sekolah tersebut berjumlah 213 siswa, dan sebagai sampel penelitian 65% atau sejumlah 141 siswa. Data diambil dengan
dokumentasi, wawancara dan angket. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Optimalisasi pendidikan karakter, baik SD Muhammadiyah Sapen maupun di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dilaksanakan dengan strategi pemberian reward dan punishment dan
terbukti memberikan hasil yang baik dengan perolehan prestasi di tingkat nasional maupun internasional, kualitas lulusan yang handal, dan lingkungan sekolah yang representatif dan kondusif; (2) orang tua dan siswa menilai kedua program tersebut positif dan mendukungnya; (3) kemandirian belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Sapen berada pada kategori sangat mandiri; dan (4) Keteladanan dan embiasaan dalam program pendidikan karakter dan gerakan literasi di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Sapen membawa dampak terinternalisasinya kemandirian belajar pada diri setiap siswa dalam jangka panjang | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rancangan program pendidikan karakter dan Gerakan Literasi dalam membentuk karakter kemandirian belajar siswa: (3) penilaian orang tua dan siswa terhadap kedua program tersebut; (3) perubahan tingkah laku kemandirian belajar siswa kelas 4 sebagai hasil dari pelaksanaan kedua program tersebut; dan (4) kemandirian belajar siswa yang terinternalisasi pada diri siswa.
Jenis penelitihan ini adalah penelitihan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas 4 dan seluruh siswa kelas 4 SDN Percobaan 2 dan SD Muhammadiyah Sapen. Populasi siswa kedua sekolah tersebut berjumlah 213 siswa, dan sebagai sampel penelitian 65% atau sejumlah 141 siswa. Data diambil dengan
dokumentasi, wawancara dan angket. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Optimalisasi pendidikan karakter, baik SD Muhammadiyah Sapen maupun di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dilaksanakan dengan strategi pemberian reward dan punishment dan
terbukti memberikan hasil yang baik dengan perolehan prestasi di tingkat nasional maupun internasional, kualitas lulusan yang handal, dan lingkungan sekolah yang representatif dan kondusif; (2) orang tua dan siswa menilai kedua program tersebut positif dan mendukungnya; (3) kemandirian belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Sapen berada pada kategori sangat mandiri; dan (4) Keteladanan dan embiasaan dalam program pendidikan karakter dan gerakan literasi di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Sapen membawa dampak terinternalisasinya kemandirian belajar pada diri setiap siswa dalam jangka panjang | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MSI UMY | en_US |
dc.subject | PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER | en_US |
dc.subject | GERAKAN LITERASI | en_US |
dc.subject | SIKAP | en_US |
dc.subject | KEMANDIRIAN BELAJAR | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SDN PERCOBAAN 2 DAN SD MUHAMMADIYAH SAPEN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |