View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MULTIKULTURAL DI DALAM KITAB AL-ISLAM WA AL-NASHRĀNIYYAH MA’A AL- ILMI WA AL-MADANIYYAH KARYA MUHAMMAD ‘ABDUH

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (261.2Kb)
      BAB I (265.7Kb)
      BAB II (256.9Kb)
      BAB III (153.1Kb)
      BAB IV (414.2Kb)
      BAB V (138.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (197.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.284Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (652.9Kb)
      LAMPIRAN (133.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (615.7Kb)
      COVER (353.4Kb)
      Date
      2018
      Author
      SHALATAN, ABA IDRIS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Multikultural di dalam al-Islam wa al-Nashrāniyyah ma’a al- Ilmi wa al-Madaniyyah karya Muhammad ‘Abduh” bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter multikultural yang terkandung di dalam kitab al-Islam wa al-Nashrāniyyah ma’a al- Ilmi wa al-Madaniyyah karya Muhammad ‘Abduh. Tidak hanya sampai disitu, penelitian ini bertujuan menguraikan relevansi dari analisis nilai-nilai pendidikan karakter multikultural di dalam kitab al-Islam wa al-Nashrāniyyah ma’a al- Ilmi wa al-Madaniyyah karya Muhammad ‘Abduh terhadap pendidikan karakter multikultural di Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan penelitian kepustakaan (library research) sebagai metode pengumpulan data. Data primer dari penelitian ini adalah kitab al-Islam wa al-Nashrāniyyah ma’a al- Ilmi wa al-Madaniyyah karya Muhammad ‘Abduh, yang darinya akan diambil kandungan nilai-nilai pendidikan karakter multikultural. Sedangkan data sekundernya adalah karya-karya pemikiran lain seperti H.A.R Tilaar, Thomas Lickona, Chairul Mahfud dan lain sebagainya, yang membahas tentang pendidikan karakter multikultural, dan merupakan pokok pembahasan dalam skripsi ini. Dari hasil analisis dapat diperoleh suatu kesimpulan, di dalam kitab al-Islam wa al-Nashrāniyyah ma’a al- Ilmi wa al-Madaniyyah karya Muhammad ‘Abduh terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan karakter multikultural, yang dari sini manusia kemudian diharapkan dapat bertoleransi, mencintai dan menghargai, meskipun memiliki perbedaan dalam hal pandangan, keyakinan, dan kepercayaan. Hal ini termaktub dalam pokok bahasan Muhammad ‘Abduh tentang mencintai orang-orang yang berbeda kepercayaan, menjauhkan diri dari menuduh kafir terhadap seseorang, dan toleransi agama islam terhadap ilmu pengetahuan. Dari sini juga dapat disimpulkan bahwa pokok bahasan ini juga relevan dengan aktualisasi nilai-nilai pendidikan karakter multikultural di Indonesia, dimana di Indonesia juga terdapat penanaman tujuh karakteristik berbasis dan berwawasan multikultural, yang secara umum adalah bentuk toleransi, kecintaan, dan penghargaan terhadap perbedaan kepercayaan, pandangan dan keyakinan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22940
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV