View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 TARAKAN DAN SMA NEGERI 1 SEBATIK TENGAH

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (166.8Kb)
      BAB II (220.3Kb)
      BAB III (151.9Kb)
      BAB IV (290.1Kb)
      BAB V (157.8Kb)
      COVER (463.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (154.7Kb)
      LAMPIRAN (258.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (212.3Kb)
      NOTA DINAS (2.044Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (1.948Mb)
      COVER (114.5Kb)
      Date
      2018
      Author
      WAHYUDI, WAHYUDI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan bagaimana Implementasi pendidikan di Sekolah menengah atas antar dua daerah yang berbeda yaitu di SMA Negeri 2 Tarakan dan di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah, Sekolah yang berada di kota dan yang berada didesa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator (1) implementasi pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tarakan (2) implementasi Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Sebatik Tengah. Hasil dari penelitian ini, peneliti dapat memaparkan bahwa (1) Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Tarakan dapat dikatakan belum baik saat diluar pembelajaran, disebabkan oleh banyaknya siswa diketahui merokok, adapun didapatkan menggunakan narkoba dan kejadian berhubungan intim diluar nikah, beberapa faktor yang mempengaruhi, (a) letak geografis, diperkotaan segala sesuatu ada, mudah mengakses apapun yang siswa inginkan. (b) Budaya dikota semakin luntur, salam, sapa dan sopan merupakan budaya yang telah dibiasakan, namun sekarang sudah mulai hilang perlahan. (c) pergaulan dikota sangat minim dengan moral, kekerasan, kejahatan dan kriminal sudah sering terjadi pada kota kota umumnya dan salah satunya yaitu kota di Tarakan. Sedangkan dalam pembelajaran dapat dikatakan kondusif. (2) Implementasi pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Atas di desa baik diluar pembelajaran maupun didalam pembelajaran, dikarenakan pergaulan yang positif, sebab budaya sopan dan santun masih melekat pada pelajar dan warga tersebut.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23635
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV