View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KARAKTER JUJUR DAN RELIGIUS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (383.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (967.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (109.0Kb)
      ABSTRAK (300.9Kb)
      BAB I (319.7Kb)
      BAB II (496.2Kb)
      BAB III (330.2Kb)
      BAB IV (365.3Kb)
      BAB V (291.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (303.9Kb)
      LAMPIRAN (4.188Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.320Mb)
      Date
      2018
      Author
      MA'RUF, MUHAMMAD IQBAL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pembentukkan karakter perlu dan penting untuk peserta didik upaya penyelenggaraan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pihak sekolah dan stakeholder sebagai pijakan terlaksananya pembentukan karatkter bagi peserta didik. Tujuan pembentukkan karakter yakni untuk mendorong lahirnya peserta didik yang memiliki karakter dan berkepribadian baik agar melekat pada diri peserta didik. Pembentukan karakter yang digunakan sebagai pijakan dan mampunyai keterikatan terhadap karakter lainnya adalah karakter jujur dan religius. Oleh karena itu, tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui konsep dan pelaksanaan implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Didukung dengan dokumentasi aktivitas peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, guru aqidah akhlaq, wakil kepala sekolah bidang ismuba dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius yang sudah dirancang dan berjalan dengan baik, selaras dengan visi dan misi SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius dari segi pendekatan, metode, strategi, dan upaya internaliasi nilai karkater jujur dan religius sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukung dari segi pendekatan, metode, strategi dan upaya internaliasi nilai karakter jujur dan religius yakni, bebera, pa pihak sekolah sudah menyediakan fasilitas sarana dan prasana untuk menunjang pelaksanaan implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius. Selain itu, ditemukan faktor penghambat dari segi pendekatan, metode, strategi dan upaya internalisasi nilai jujur dan religius yakni proses pembelajaran yang belum kondusif dan terdapat beberapa peserta didik yang belum memiliki kesadaran untuk membiasakan karakter jujur dan religius dalam lingkungan sekolah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23755
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV