View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERAN PEMBIMBING ASRAMA TERHADAP PERILAKU BULLYING DI PONDOK PESANTREN DARUSALAM, PINAGA, NAGARI AUA KUNIANG, KECAMATAN PASAMAN, KABUPATEN PASAMAN BARAT, SUMATERA BARAT

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (48.96Kb)
      HALAMAN JUDUL (341.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (89.48Kb)
      ABSTRAK (127.5Kb)
      BAB I (310.4Kb)
      BAB II (257.5Kb)
      BAB III (112.6Kb)
      BAB IV (323.7Kb)
      BAB V (90.80Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (142.6Kb)
      LAMPIRAN (685.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (260.8Kb)
      Date
      2018
      Author
      MMUNAWWARAH, JANNATUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembimbing asrama terhadap perilaku bullying di Pondok Pesantren Darussalam. Penelitian menggunakan metode kualitati dengan deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi: 1) Bentuk-bentuk perilaku bullying di Pondok pesantren Darussalam meliputi perilaku bullying verbal seperti memanggil nama yang bukan namanya, mengejek, mengancam, perilaku bullying fisikal seperti berkelahi dan memegang kerah serta perilaku bullying social seperti menjelek-jelekan santri lain dibelakangnya serta dikucilkan, 2) Peran pembimbing asrama terhadap perilaku bullying meliputi mengadaptasikan santri baru melalui layanan individu/ kelompok, memberikan pendidikan akhlak melalui pelajaran, melakukan pengawasan secara langsung maupun berdasarkan laporan, dan juga memberikan nasehat dan hukuman kepada santri yang melakukan tindakan bullying sesuai peraturan yang berlaku, dan 3) Faktor pendukung ialah pembimbing sebagai orangtua bagi santri, kesabaran pembimbing serta adanya peraturan pondok pesatren, sedangkan faktor pengambat karena terbatasnya ketersediaan sumber daya manusia, kompetensi pembimbing yang tidak sesuai dan sikap santri yang sulit berubah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23835
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV