PERAN PEMBIMBING ASRAMA TERHADAP PERILAKU BULLYING DI PONDOK PESANTREN DARUSALAM, PINAGA, NAGARI AUA KUNIANG, KECAMATAN PASAMAN, KABUPATEN PASAMAN BARAT, SUMATERA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembimbing asrama terhadap
perilaku bullying di Pondok Pesantren Darussalam. Penelitian menggunakan metode
kualitati dengan deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian meliputi: 1) Bentuk-bentuk perilaku bullying di Pondok pesantren
Darussalam meliputi perilaku bullying verbal seperti memanggil nama yang bukan
namanya, mengejek, mengancam, perilaku bullying fisikal seperti berkelahi dan
memegang kerah serta perilaku bullying social seperti menjelek-jelekan santri lain
dibelakangnya serta dikucilkan, 2) Peran pembimbing asrama terhadap perilaku
bullying meliputi mengadaptasikan santri baru melalui layanan individu/ kelompok,
memberikan pendidikan akhlak melalui pelajaran, melakukan pengawasan secara
langsung maupun berdasarkan laporan, dan juga memberikan nasehat dan hukuman
kepada santri yang melakukan tindakan bullying sesuai peraturan yang berlaku, dan 3)
Faktor pendukung ialah pembimbing sebagai orangtua bagi santri, kesabaran
pembimbing serta adanya peraturan pondok pesatren, sedangkan faktor pengambat
karena terbatasnya ketersediaan sumber daya manusia, kompetensi pembimbing yang
tidak sesuai dan sikap santri yang sulit berubah.