View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (126.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (486.2Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (304.3Kb)
      ABSTRAK (150.9Kb)
      BAB I (175.2Kb)
      BAB II (332.2Kb)
      BAB III (149.8Kb)
      BAB IV (322.7Kb)
      BAB V (158.1Kb)
      LAMPIRAN (2.687Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (874.3Kb)
      Date
      2018-11-16
      Author
      PRILIA, FITA RATU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan menganalisis upaya guru mengatasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Subjek penelitian guru mata pelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan. Data diperoleh melalui tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping yaitu: (1) kurangnya motivasi belajar siswa; (2) siswa belum bisa dan kurang lancar membaca al-Qurān; (3) kemampuan siswa tidak mencapai standar ketuntasan; (4) materi yang terlalu banyak; dan (5) metode mengajar konvensional. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu: (1) melakukan pendekatan terhadap siswa; (2) menerapkan metode drill dan tutor sebaya; (3) menyampaikan materi secara mendasar dengan menyesuaikan tingkat kebutuhan siswa; (4) pemberian tugas dalam bentuk rangkuman dan pembuatan modul; (5) penggunaan media berupa video pembelajaran. Jika upaya tidak berpengaruh dan tidak diterapkan hal tersebut dikarenakan situasi dan kondisi yang ada ketika proses pembelajaran berlangsung terutama yang berkaitan dengan siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24101
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV