View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      UPAYA GURU ISMUBA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (147.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (614.7Kb)
      ABSTRAK (210.2Kb)
      BAB I (338.8Kb)
      BAB II (358.1Kb)
      BAB III (198.8Kb)
      BAB IV (616.7Kb)
      BAB V (175.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (176.2Kb)
      LAMPIRAN (1.928Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (628.8Kb)
      Date
      2018
      Author
      PRASETYO, ARIES
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peranan guru ISMUBA dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dan siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, (2) Untuk mengkaji perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan pada pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, (3) Untuk menganalisis Apa saja kendala yang di hadapi Guru ISMUBA SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek mengambil sampel terhadap Guru ISMUBA. Data dikumpulkan dengan wawancara sebagai metode utama, observasi dan Dokumentasi sebagai metode pendukung. Data yang sudah diperoleh dianalisis secara deskriptif Kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa dari segi sejarah program menunjukkan kurang, sedangkan dari segi persiapan, proses, dan hasil semuanya menunjukkan baik. hasil penelitian menunjukkan: (1) 1. Peran guru ISMUBA yaitu dengan memberikan materi Al-Qur’an di setiap pelajaran agama dan anak di berikan penambahan materi dengan adanya pesantren ramadhan, bimbingan membaca, dan pembuatan buku bimbingan membaca Al-Qur’an. Kemudian metode yang di gunakan guru ISMUBA sangat beragam diantaranya: menayangkan menggunakan proyektor, terjemah, menuliskan dengan latin, sampai dengan memberikan pemahaman khusus kepada Anak. (2) Banyak sekali perkembangan membaca Anak, dilihat dari hasil belajar siswa di akhir semester, prestasi dalam pelajaran Al-Qur’an dan hadits sangat Bagus, hal tersebut terlihat dari nilai ujian yang diraih anak dari sekitar 350 siswa hanya 20 siswa yang tidak mencapai target KKM yang di tetapkan oleh sekolah. Ada beberapa faktor yang membuat anak tidak mencapai KKM, salah satunya adalah nilai harian yang tidak dilengkapi, nilai sikap, dll. (3) Kendala yang dihadapi guru ISMUBA yaitu diantaranya: faktor dalam diri anak, diantaranya: minat anak terhadap Al-Qur’an yang lemah, kemampuan yang ada dalam diri anak, motivasi yang dimilki amak. Faktor dari luar, diantaranya: latar belakang orang tua, jam mengajar yang minim, pergaulan anak. Faktor tersebut yang membuat anak jadi terhambat dalam memahami dan membaca Al-Qur’an.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24329
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV