PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA POP HOTEL A.M. SANGAJI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan pada Pop Hotel A.M. Sangaji Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah berkunjung dan menginap di Pop Hotel A.M. Sangaji Yogyakarta. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 120 responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji t, Analisis Jalur (Path Analysis), dan Uji Sobel.
Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan diperoleh hasil bahwa Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, selanjutnya Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, selanjutnya Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, dan Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan secara tidak langsung melalui Kepuasan Pelanggan.