EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan program pendidikan inklusif di empat sekolah menengah pertama Muhammadiyah Kabupaten Sleman. (2) mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan program pendidikan inklusif di sekolah menengah pertama Muhammadiyah Kabupaten Sleman. Jenis Penelitian ini adalah evaluatif expos facto dengan menggunakan model CIPP, meliputi evaluasi contex, input, process secara deskriptif kualitatif dan evaluasi product secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, Adapun Teknik analisis data dilaksanakan dengan cara validasi data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk tabel selanjutnya dianalisis dengan metode CIPP. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bahwa empat sekolah menengah pertama Muhammadiyah di Kabupaten Sleman telah melaksanakan pendidikan inklusif dengan baik (2) hasil evaluasi menunjukkan bahwa empat sekolah menengah pertama Muhammadiyah di Kabupaten Sleman telah melaksanakan pendidikan inklusif sesuai dengan prisnsip-prinsip pendidikan inklusif.