View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KUALITAS BUKU PENDIDIKAN AL-ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH TERBITAN PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH TAHUN 2017

      Thumbnail
      View/Open
      Abstrak (199.4Kb)
      COVER (110.0Kb)
      Halaman Pengesahan (513.5Kb)
      Kata Pengantar (89.75Kb)
      Daftar Isi (91.28Kb)
      BAB I (361.3Kb)
      BAB II (289.7Kb)
      BAB III (277.3Kb)
      BAB IV (945.5Kb)
      BAB V (241.2Kb)
      Daftar Pustaka (340.4Kb)
      Date
      2018
      Author
      Usmanah, Uun
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Buku teks pelajaran merupakan salah satu sarana yang dapat berpengaruh terhadap kebaikan dan kelancaran proses belajar-mengajar, baik bagi pendidik maupun peserta didiknya. Buku teks pelajaran yang berkualitas dipercaya dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pembelajaran. Karena itu, supaya minat baca peserta didik meningkat, diperlukan buku pelajaran yang berkualitas. Permasalahannya adalah hingga saat ini buku-buku teks pelajaran, termasuk buku Pendidikan Al-Islam SD Muhammadiyah kelas IV karya Muhammad Mas’ud dan Ahmad Tri Sofyan, belum dapat dipastikan keterpenuhan kualitasnya menurut standar kualitas buku. Karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menilai kualitas buku tersebut meliputi tiga aspek yaitu (1) isi/materi, (2) bahasa, dan (3) penyajian. Kajian ini ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah tentang teori kualitas buku teks pelajaran yang disingkronkan secara metodologis dalam aplikasinya dengan fokus terhadap tiga aspek buku tersebut. Berdasarkan penelitian terhadap ketiga aspek dari buku tersebut, maka hasil temuannya adalah sebagai berikut, pertama, bahwa kualitas atau kelayakan isi/materi buku secara umum dapat dikatakan baik dan telah sesuai dengan kurikulum ISMUBA, sesuai dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD), dan tidak ada yang menyimpang dari paham Muhammadiyah. Kedua, bahwa kualitas atau kelayakan bahasa buku, secara umum dikatakan baik, hanya saja banyak istilah yang belum lazim digunakan sehari-hari, sehingga buku ini kurang komunikatif dan tidak begitu mudah untuk dipahami. Kekurangan aspek bahasa ini, tidak terlepas dengan materi-materi yang dibahas. Ketiga, bahwa kualitas atau kelayakan penyajian buku, dalam hal sistematisasi penyajian, keterkaitan antar konsep dan antar bagian sudah relatif baik, namun dalam hal kutipan atau pengambilan sumber rujukan banyak yang tidak mengikuti aturan yang lazim dalam penulisan, sehingga tampak ada banyak unsur plagiasi. Adapun kutipan gambar sudah dilakukan sesuai dengan kelaziman, meskipun gambar-gambarnya masih terbatas.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25057
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV