Show simple item record

dc.contributor.authorUsmanah, Uun
dc.date.accessioned2019-02-19T07:58:24Z
dc.date.available2019-02-19T07:58:24Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25057
dc.description.abstractBuku teks pelajaran merupakan salah satu sarana yang dapat berpengaruh terhadap kebaikan dan kelancaran proses belajar-mengajar, baik bagi pendidik maupun peserta didiknya. Buku teks pelajaran yang berkualitas dipercaya dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pembelajaran. Karena itu, supaya minat baca peserta didik meningkat, diperlukan buku pelajaran yang berkualitas. Permasalahannya adalah hingga saat ini buku-buku teks pelajaran, termasuk buku Pendidikan Al-Islam SD Muhammadiyah kelas IV karya Muhammad Mas’ud dan Ahmad Tri Sofyan, belum dapat dipastikan keterpenuhan kualitasnya menurut standar kualitas buku. Karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menilai kualitas buku tersebut meliputi tiga aspek yaitu (1) isi/materi, (2) bahasa, dan (3) penyajian. Kajian ini ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah tentang teori kualitas buku teks pelajaran yang disingkronkan secara metodologis dalam aplikasinya dengan fokus terhadap tiga aspek buku tersebut. Berdasarkan penelitian terhadap ketiga aspek dari buku tersebut, maka hasil temuannya adalah sebagai berikut, pertama, bahwa kualitas atau kelayakan isi/materi buku secara umum dapat dikatakan baik dan telah sesuai dengan kurikulum ISMUBA, sesuai dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD), dan tidak ada yang menyimpang dari paham Muhammadiyah. Kedua, bahwa kualitas atau kelayakan bahasa buku, secara umum dikatakan baik, hanya saja banyak istilah yang belum lazim digunakan sehari-hari, sehingga buku ini kurang komunikatif dan tidak begitu mudah untuk dipahami. Kekurangan aspek bahasa ini, tidak terlepas dengan materi-materi yang dibahas. Ketiga, bahwa kualitas atau kelayakan penyajian buku, dalam hal sistematisasi penyajian, keterkaitan antar konsep dan antar bagian sudah relatif baik, namun dalam hal kutipan atau pengambilan sumber rujukan banyak yang tidak mengikuti aturan yang lazim dalam penulisan, sehingga tampak ada banyak unsur plagiasi. Adapun kutipan gambar sudah dilakukan sesuai dengan kelaziman, meskipun gambar-gambarnya masih terbatas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAMen_US
dc.subjectAnalisis,en_US
dc.subjectKualitas,en_US
dc.subjectBuku Teks Pendidikan Al-Islamen_US
dc.subjectResearch Subject Categories::HUMANITIES and RELIGIONen_US
dc.titleANALISIS KUALITAS BUKU PENDIDIKAN AL-ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH TERBITAN PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH TAHUN 2017en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record