View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PEER ASSISTED LEARNING (PAL) PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR MAHASISWA DALAM OBJECTIVED STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) : LITERATUR REVIEW

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (22.66Kb)
      Abstrak (89.94Kb)
      BAB I (224.4Kb)
      BAB II (183.2Kb)
      BAB III (228.1Kb)
      BAB IV (242.6Kb)
      BAB V (83.87Kb)
      Daftar Pustaka (172.6Kb)
      Date
      2018
      Author
      KUSDHIARNINGSIH, BETTY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang: Setiap tenaga kesehatan nantinya harus siap untuk diterjunkan ke lapangan, oleh sebab itu pembelajaran praktik sangatlah diperlukan dalam mengasah keterampilan setiap mahasiswa. Untuk mendukung terbentuknya mahasiswa dengan keterampilan yang baik, maka metode pembelajaran pun harus mengalami penyesuaian. Peer Assisted Learning (PAL) adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan teman sebaya, atau senior sebagai pembimbing dalam suatu kelompok kecil. Metode ini dianggap tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran skills lab, karena mampu menciptakan hubungan yang lebih erat, meningkatkan rasa kepercayaan diri, dan diharapkan juga mampu meningkatkan kualitas skills lab mahasiswa. Pada akhir pelaksanaan praktik skills lab, dibutuhkan pengukuran untuk mengetahui kualitas skills lab yang dimiliki mahasiswa, yaitu dengan menggunakan Objective Structured Clinical Exam (OSCE). OSCE adalah cara mengevaluasi keterampilan mahasiswa, yang bersifat objektif dan komprehensif, dengan seting menyerupai situasi dan kondisi lapangan yang sebenarnya, menggunakan pengukuran berbentuk daftar tilik (Checklist). Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan sistem pembelajaran Peer Assisted Learning (PAL) pada peningkatan Psikomotor mahasiswa dalam Objective Structured Clinical Examination (OSCE). xiii Metode: Desain yang digunakan adalah Literatur Review. Literatur Review adalah ulasan, rangkuman dan pemikiran dari peneliti mengenai studi kepustakaan, yang berasal dari berbagai jurnal yang sesuai dengan kata kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengunjungi berbagai database di situs internet, seperti : Google Scholar, ScienceDirect, Proquest dan Jstor.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25125
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV