dc.description.abstract | Latar belakang: Setiap tenaga kesehatan nantinya harus siap untuk
diterjunkan ke lapangan, oleh sebab itu pembelajaran praktik sangatlah
diperlukan dalam mengasah keterampilan setiap mahasiswa. Untuk
mendukung terbentuknya mahasiswa dengan keterampilan yang baik, maka
metode pembelajaran pun harus mengalami penyesuaian. Peer Assisted
Learning (PAL) adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan
teman sebaya, atau senior sebagai pembimbing dalam suatu kelompok kecil.
Metode ini dianggap tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran skills
lab, karena mampu menciptakan hubungan yang lebih erat, meningkatkan
rasa kepercayaan diri, dan diharapkan juga mampu meningkatkan kualitas
skills lab mahasiswa. Pada akhir pelaksanaan praktik skills lab, dibutuhkan
pengukuran untuk mengetahui kualitas skills lab yang dimiliki mahasiswa,
yaitu dengan menggunakan Objective Structured Clinical Exam (OSCE).
OSCE adalah cara mengevaluasi keterampilan mahasiswa, yang bersifat
objektif dan komprehensif, dengan seting menyerupai situasi dan kondisi
lapangan yang sebenarnya, menggunakan pengukuran berbentuk daftar tilik
(Checklist). Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui gambaran
penggunaan sistem pembelajaran Peer Assisted Learning (PAL) pada
peningkatan Psikomotor mahasiswa dalam Objective Structured Clinical
Examination (OSCE).
xiii
Metode: Desain yang digunakan adalah Literatur Review. Literatur Review
adalah ulasan, rangkuman dan pemikiran dari peneliti mengenai studi
kepustakaan, yang berasal dari berbagai jurnal yang sesuai dengan kata
kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengunjungi berbagai
database di situs internet, seperti : Google Scholar, ScienceDirect, Proquest
dan Jstor. | en_US |