View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      METODE PENDIDIKAN KARAKTER KOMUNIKASI REMAJA DI DESA BOGEM KECAMATAN BAYAT,KLATEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (101.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (398.7Kb)
      ABSTRAK (153.3Kb)
      BAB I (365.3Kb)
      BAB II (334.6Kb)
      BAB III (163.4Kb)
      BAB IV (337.1Kb)
      BAB V (90.42Kb)
      LAMPIRAN (2.258Mb)
      DAFTAR PUSTAKA (215.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (725.8Kb)
      Date
      2019
      Author
      MUHAMAD, SAFRIL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan menganalisis pemahaman orang tua tentang pendidikan karakter komunikasi bagi remaja, 2) Mengetahui dan menganalisis orang tua dalam penerapan metode pendidikan karakter komunikasi remaja, 3) Mengetahui dan menganalisis sikap remaja terhadap penerapan pendidikan karakter komunikasi oleh orang tua. Metode pengumpulan data melalui wawancara,observasi,dan dokumentasi. Teknik pengambilan sample mengunakan Purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, Mendisplay data, ferivikasi data serta penarikan kesimpulan data berdasarkan fakta-fakta yang ada maupun pengamatan yang telah di lakukan. Hasil penelitian ini menunjukan : 1)Pemahaman yang dimiliki oleh orang tua terkait metode pendidikan karakter komunikasi remaja bisa dikatakan masih kurang,hal ini terjadi karena beberapa faktor,antara lain tingkat pendidikan yang rendah,makin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,zaman semakin moderen yang tidak memungkinkan bagi setiap orang tua yang lebih memilih untuk mencari nafkah dibandingkan mencari atau mempelajari ilmu-ilmu yang berkembang. 2) Penggunan metode dalam mendidik karakter komunikasi kepada anak remaja sudah efektif dan mudah dipahami oleh anak,metode tersebut antara lain pembiasaan/sikap,percakapan,pendekatan,dan nasehat yang membangun,selain itu penggunan pola demokratis dan tetap dalam pemantauan orang tua dalam mendidik dengan metode yang diterapkan saling singkron,sehingga anak mampu menerima apa yang dilakukan oleh orang tua terhadapnya. 3) Sikap yang ditunjukan anak kepada orang tua ketika proses mendidik maupun lingkungan sekitar sudah baik,hal ini menunjukan keberhasilan orang tua dalam menanamkan karakter komunikasi terhadap anak remajanya,dengan metode dan pola yang ada anak berhasil menunjukan karakter komunikasi yang baik,meskipun masih terdapat beberapa faktor tanpa sepengetahuan orang tua yang mengakibatkan sikap anak tidak konsisten dan sering terjadi dalam kehidupan anak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26115
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV