KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA MASYARAKAT ADAT TENGGER
Abstract
Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan atas terselesaikannya Monograf yang berjudul Kualitas Pelayanan Pada Masyaraat Adat
Tengger ini. Riset ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kualitas pelayanan publik bidang kesehatan yang diberikan pada komunitas Adat Tengger di Kabupaten Probolinggo-Malang-Lumajang- Pasuruan Propinsi Jawa Timur. Adapun lokasi penelitian di Desa Ranupane Kabupaten Lumajang. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat adat Tengger sudah berjalan cukup baik, kendati belum optimal. Adapun factor yang berpengaruh adalah kearifan lokal, letak geografis, infrastruktur dan kualitas seumberdaya aparatur pemerintahan. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah
berjasa memberikan kontribusi dalam riset ini, antara lain: LP3M UMY yang telah mendanai penuh riset ini, dan Tim yang bekerja keras melakukan riset di lokasi yang terpencil. Akhirnya tak ada gading yang tak retak, segala kritik dan saran yang
konstruktif kami terima dengan terbuka dan senang hati.