Show simple item record

dc.contributor.advisorROMDZATI, ROMDZATI
dc.contributor.authorRUSIANTO, YURIKA CHENDY
dc.date.accessioned2016-09-24T03:02:35Z
dc.date.available2016-09-24T03:02:35Z
dc.date.issued2016-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2692
dc.descriptionAutis adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks pada anak, gejalanya meliputi gangguan respon kognitif, komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Rata-rata 6 dari 1000 orang di dunia penyandang autisme. Oleh karena itu diperlukan suatu terapi baru untuk meningkatkan perkembangan pada anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terapi murottal surat Al-Mulk terhadap respon kognitif pada anak autis. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan pendekatan one group pra-post test design. Subyek penelitian ini adalah siswa autis di SLBN 01 Bantul Yogyakarta usia sekolah dan usia remaja sebanyak 12 anak, diberikan terapi sebanyak 10 kali berturut-turut. Penelitian dilakukan pada bulan juni 2016. Respon kognitif diukur dengan Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC). Analisa data menggunakan uji beda paired rapid T test untuk mengetahui perbedaan skor ATEC respon kognitif pretest dan posttest. Penelitian ini didapatkan bahwa dari 12 responden rerata skor ATEC respon kognitif sebelum (21,58) dan sesudah (22,92). Hasil uji beda skor ATEC sebelum dan sesudah pemberian terapi murottal p=0.128 (p>0,05). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan respon kognitif yang signifikan setelah pemberian terapi murottal sebanyak 10 kalien_US
dc.description.abstractAutism is a complex developmental disorder in children, symptoms include disorders of cognitive response, communication, social interaction and behavior. On average 6 from 1000 people in the world with autism. Therefore we need a new therapy to improve growth in children with autism. This study aims to determine whether there is influence murottal therapy surah Al-Mulk against cognitive response in children with autism. This type of research is pre experiment with the approach of one-group pre-post test design. The subjects of this study were students with autism in SLBN 01 Bantul Yogyakarta school age and adolescence as many as 12 children, therapy is given as many as 10 times in a row . The study was conducted in June 2016 . Cognitive responses measured by the Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC). Analysis of data using different test rapid paired T test to determine differences in cognitive response ATEC score pretest and posttest. This study found that the mean score of 12 respondents ATEC cognitive responses before (21:58) and after (22.92). ATEC results of different test scores before and after therapy murottal p = 0.128 (p> 0.05). It can be concluded that there is no significant difference in cognitive response after therapy murottal 10 timesen_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectAutism, Cognitive Response, Murottal therapy Autis, Respon Kognitif, Terapi Murottalen_US
dc.titlePENGARUH TERAPI MUROTTAL SURAT AL-MULK TERHADAP RESPON KOGNITIF PADA ANAK AUTISen_US
dc.typeThesis SKR 237en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record