Show simple item record

dc.contributor.authorKurniasih, Indri
dc.date.accessioned2019-05-31T05:18:38Z
dc.date.available2019-05-31T05:18:38Z
dc.date.issued2018-12-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27207
dc.description.abstractBeberapa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kedokteran gigi rentan mengalami stres terutama stres akademik. Stres merupakan gangguan secara psikologi dimana individu berada dalam proses untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dihadapi. Stres mempunyai beberapa penyebab, diantara stresor itu sendiri, pikiran dan fisiologi. Tingkat stres akan dimulai pada tingkat ringan, dimana gejalanya tidak begitu mengkhawatirkan, setelah itu akan masuk ke tingkat gejala yang lebih berat apabila tidak segera dikelola maka akan menimbulkan gejala stres berat yang bisa mengganggu konsentrasi mahasiswa dalam proses belajarnya. Mahasiswa merupakan individu yang bisa dikatakan berada pada kondisi penuh dengan tekanan dan adaptasi khususnya dibidang akademik. Stres akademik dapat diatasi dan dihadapi tanpa ada dampak negatif. Dampak negatif dapat timbul dari stres akademik itu sendiri. Seperti dampak secara psikologis, fisiologis, dan perilaku, apabila dibiarkan dapat membuat mahasiswa menuju stres tingkat berat. Tingkat stres yang berat, maka akan sulit untuk berkonsentrasi dalam perihal akademik.en_US
dc.description.sponsorshipLP3M UMYen_US
dc.subjectmanajemen stressen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MANAJEMEN STRES COGNITIVE-BEHAVIORAL DALAM MENURUNKAN TINGKAT STRES MAHASISWA TAHUN PERTAMA TAHAP SARJANA KEDOKTERAN GIGI UMYen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record