View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN DIRI SISWA-SISWI MTs MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (105.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (461.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (3.814Mb)
      ABSTRAK (185.3Kb)
      BAB I (120.8Kb)
      BAB II (283.7Kb)
      BAB III (119.2Kb)
      BAB IV (385.3Kb)
      BAB V (99.36Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (18.31Kb)
      LAMPIRAN (121.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (241.8Kb)
      Date
      2018
      Author
      FATIMAH, SITI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini membahas tentang “Penerapan Metode Problem Solving Dalam Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Kepribadian Siswa-Siswi MTs Muhammadiyah Kasihan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode problem solving yang dilakukan bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah Kasihan, menjelaskan tentang pengaruh metode problem solving terhadap peningkatan kepribadian diri pada siswa-siswi di MTs Muhammadiyah Kasihan, menjelaskan factor-faktor penyebab keoptimalan dan tidaknya metode problem solving dalam meningkatkan kepribadian diri pada siswa-siswi MTs Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan tektik pengumpulan data antara lain wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penerapan metode problem solving yang dilakukan bimbingan dan konseling yaitu adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan, mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut, menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut, menguji kebenaran jawaban sementara tersebut,yang terakhir adalah menarik kesimpulan. (2) adanya peningkatan setelah penerapan metode problem solving yaitu kepribadian masing-masing individu meningkat dari indvidu yang masih belum bisa mengontrol emosinya, serta ada juga individu yang kurang memiliki tanggung jawabnya sebagai siswa yang baik di sekolah menjadi individu yang bisa mengontrol emosinya dan lebih bisa bertanggung jawab atas tanggung jawabnya sebagai siswa yang baik di sekolah. (3) factor penyebab keoptimalannya yaitu kesadaran diri dari masing-masing individu yang peka terhadap permasalahan yang dihadapinya dan adanya dorongan untuk menyelesaikan permasalahannya, serta guru bimbingan dan konseling yang senantiasa membimbing dan membantu masing-masing individu dalam menyelesaikan permasalahannya. Factor yang menghambat keoptimalannya antara lain dari beberapa individu memiliki prasangka pribadi terhadap permasalahannya yang sedang dihadapi sehingga individu tersebut tidak melakukan solusi yang telah disepakati bersama.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27902
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV