View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KOMIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH STUDI ANALISIS PESAN DAKWAH “IQOMIC” DI INSTAGRAM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (138.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (263.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (622.1Kb)
      ABSTRAK (140.7Kb)
      BAB I (497.0Kb)
      BAB II (845.1Kb)
      BAB III (319.0Kb)
      BAB IV (1.170Mb)
      BAB V (146.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (88.17Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (783.3Kb)
      Date
      2019
      Author
      ARIYANTI, EKA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini berjudul Komik Sebagai Media Dakwah; Studi Analisis Iqomik di Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang terkandung dalam setiap postingan Iqomic di Instagram dan menganalisisnya berdasarkan analisis wacana model teori Van Djik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik analisis wacana model Teun A. Van Djik. Dalam model A. Van Dijk, pesan atau teks komunikasi dapat dilihat makna yang tersembunyi dari suatu teks, baik dari segi struktur teks (tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris), segi kognisi sosial, dan segi konteks sosial. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam postingan iqomic yaitu persoalan akhlak, kemudian syari’ah, aqidah dan mu’amalah. Dari analisis struktur makro terdapat 9 tematik atau topik yang diangkat yang mengandung pesan aqidah. Kemudian juga terdapat 10 topik yang mengandung pesan syari’ah, 5 topik mengandung pesan mu’amalah dan 24 topik mengenai pesan akhlak. Dari seluruh postingan yang menonjol, banyak menggunakan metode dakwah Mauidza Hasanah dan Al-Hikmah. Melalui ajakan, nasihat dan hikmah menjadi strategi dakwah komikus. Postingan yang diunggah iqomic juga terdapat seluruh elemen pada struktur mikro, seperti latar, detail, maksud, pengandaian, koherensi, leksikon, dan grafis. Melalui akun Iqomic, iqomic juga melibatkan visi misi komikus atau komunitas iqomic tersebut untuk menginspirasi kebaikan dan menunjukkan Islam sebagai Rahmatan lil Alamin.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28207
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV