View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA ORANGTUA DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBIASAKAN IBADAH (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BREBES)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.66Kb)
      HALAMAN JUDUL (280.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (323.9Kb)
      ABSTRAK (13.74Kb)
      BAB I (45.23Kb)
      BAB II (241.2Kb)
      BAB III (137.6Kb)
      BAB IV (727.1Kb)
      BAB V (38.73Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (66.00Kb)
      LAMPIRAN (641.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (185.2Kb)
      Date
      2019
      Author
      ALMUNAWAROH, ALMARDLIYATUL WARDATUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi, baik komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal, komunikasi verbal maupun non verbal dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai komunikasi efektif antara manusia satu dengan manusia yang lain. Komunikasi efektif adalah komunikasi yang antar individunya memahami satu tujuan bersama. Komunikasi yang baik antara orangtua dengan anak akan menimbulkan dampak yang baik pula pada keluarga seperti keharmonisan dalam suatu keluarga atapun membiasakan beribadah kepada anak. Hanya saja tidak semua keluarga mampu berkomunikasi dengan baik diantara anggota keluarga. Terlebih keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Penerimaan ini akan berdampak pada komunikasi efektif yang berlangsung antara orangtua dengan anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Negeri Brebes. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Karakteristik subyek dalam penelitian ini sebanyak empat orang dengan empat orangtua memiliki anak gangguan khusus tunagrahita ringan. Teknik pengumpulsn data dengan cara wawancara sebagai metode utama dan metode observasi sebagai metode pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke empat keluarga sudah melakanakan komunikasi efektif antara orangtua dengan anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam membiasakan beribadah. Selain itu, faktor pendukung dari komunikasi efektif dalam mebiasakan beribadah menggunakan media audio visual. Sedangkan faktor penghambat dari komunikasi efektif antara orangtua dengan anak tunagrahita pola pikir yang lambat, emosi yang tidak stabil pada anak karena memiliki berkebutuhan khusus tunagrahita
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28516
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV