View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS SEMIOTIKA PENGGAMBARAN WANITA SOLEHAH DALAM NOVEL “PUDARNYA PESONA CLEOPATRA” KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DALAM KAJIAN PERSPEKTIF FEMINISME ISLAM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (153.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.073Mb)
      ABSTRAK (86.86Kb)
      BAB I (152.1Kb)
      BAB II (810.8Kb)
      BAB III (200.9Kb)
      BAB IV (517.7Kb)
      BAB V (87.00Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (204.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (339.5Kb)
      Date
      2019
      Author
      MEGAWATI, SUKARNI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran wanita solehah dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy dan menjelaskan konsep wanita solehah dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy dalam kajian perspektif feminisme Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang menekankan pada tiga komponen tanda, yaitu ikon, indeks, dan simbol. Subjek penelitian ini difokuskan pada karakter Raihana. Hasil penelitian ini menunjukkan Novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy menjelaskan secara rinci dan jelas penggambaran wanita solehah yang diperankan oleh karakter Raihana. Setiap ikon, indeks, dan simbol tidak terletak pada kata atau kalimat saja, namun juga dapat dikaji lewat beberapa paragraf dalam novel. Setelah dikaji dalam perspektif feminisme Islam, karakter Raihana yang digambarkan sebagai wanita solehah dalam novel memenuhi kriteria sikap kritis seorang istri yang menemukan kejanggalan dalam sikap suami. Usaha-usaha yang dilakukan oleh Raihana untuk menyadarkan suaminya juga sudah tepat. Hal yang tidak relevan dengan feminisme Islam dalam diri Raihana sebagai sosok wanita solehah yang digambarkan dalam novel terletak pada keinginannya untuk tidak bercerai dan tidak mengadukan permasalahannya pada hakim. Hal ini membuat kesengsaraan dalam pernikahannya selama hayatnya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28687
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV