View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU AL-QAYYIM DALAM KITAB AL-FIKR AT-TARBAWĪ ‘INDA IBNI AL-QAYYIM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (369.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.619Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (209.7Kb)
      ABSTRAK (341.2Kb)
      BAB I (510.0Kb)
      BAB II (1.074Mb)
      BAB III (410.5Kb)
      BAB IV (1000.Kb)
      BAB V (473.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (438.6Kb)
      LAMPIRAN (699.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (3.491Mb)
      Date
      2019-02-24
      Author
      MUADZIN, LUTHFI ANIS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan Islam menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab Al-Fikr Al-Tarbawī ‘Inda Ibni Al-Qayyīm yang membahas sebuah pemikiran tentang pendidikan yang komperehensif, universal, dan integral, yakni mendidik manusia dari segala sisinya, yaitu: jasad, akal, dan ruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang kajiannya menggunakan literatur-literatur atau difokuskan pada data-data kepustakaan sebagai sumbernya. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis gambar maupun elektronik, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Deskriptif-Analitik, yaitu metode dengan cara mendeskripsikan sekaligus menganalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam menurut Ibnu Qayyim adalah usaha untuk mewujudkan manusia teladan yang memiliki keistimewaan sesuai dengan penciptanya, yaitu manusia yang shalih dan mencintai kebaikan. Penelitaian ini juga membahas tentang tarbiyah qalb (hati) dan tarbiyah badan secara sekaligus. Adapun tujuan tarbiyah yang hendak diwujudkan yaitu meliputi: tujuan jismiyyah (fisik), tujuan akhlakiyyah (akhlak), tujuan fikriyyah (akal) dan tujuan maslakiyyah (skill). Adapun aspek pendidikan menurut Ibnu Qayyim, mencakup sembilan sisi tarbiyah yaitu: at-tarbiyyah al-īmāniyyah (pendidikan iman), at-tarbiyyah ar-rūhiyyah (pendidikan rohani), at-tarbiyyah alfikriyyah (pendidikan akal), at-tarbiyyah al-‘āṭifiyyah (pendidikan perasaan), attarbiyyah al-khulukiyah (pendidikan akhlak), at-tarbiyyah al-ijtimā’iyyah (pendidikan bermasyarakat), at-tarbiyyah al-irādiyyah (pendidikan kehendak), attarbiyyah al-badaniyyah (pendidikan jasmani) dan at-tarbiyyah al-jinsiyyah (pendidikan seksual). Menurut Ibnu Qayyim untuk dapat tercapainya tarbiyah, maka ilmu harus bersumber dari manhaj (kurikulum) yang benar, yakni al-Qur’an dan as- Sunnah. Selain itu seorang guru harus memiliki akhlak yang baik dan adab-adab yang harus dipenuhi untuk dirinya sendiri, maupun adab terhadap muridnya. Selain itu beliau juga menghimbau agar seorang guru tidak hanya sebatas menstransfer ilmu, tapi juga memperhatikan amaliyah dan akhlak anak didik di majlis ilmu. Menurut beliau seorang murid juga harus memenuhi adab-adab seorang murid yang telah dinasehatkan beliau. Baik adab terhadap gurunya maupun terhadap dirinya sendiri.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28692
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV