PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik, dan financial leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan di sektor manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2016 sampai 2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive samping dan mendapatkan total sampel sebanyak 200. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda melalui Eviews 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, kepemilikan saham publik dan financial leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.