View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (69.72Kb)
      HALAMAN JUDUL (549.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (264.7Kb)
      ABSTRAK (26.33Kb)
      BAB I (133.7Kb)
      BAB II (256.2Kb)
      BAB III (183.6Kb)
      BAB IV (295.7Kb)
      BAB V (35.65Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (128.1Kb)
      LAMPIRAN (1.798Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (962.0Kb)
      Date
      2019-07-05
      Author
      PRADHANA, KURNIAWAN AGUNG
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat intensitas bermain game siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan (3) mengetahui tingkat pengaruh intensitas bermain game terhadap minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif deskriptif. Sampel berjumlah 180 siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang terdiri 66 siswa dari kelas VII, 64 siswa dari kelas VIII dan 50 siswa dari kelas IX. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas dengan formulasi koefisien alpha, uji heterokedasitas, uji normalitas dan uji linieritas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis satu dan dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat intensitas bermain game pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki intensitas rendah sebesar 44,4%, (2) tingkat minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menunjukkan hasil yang sangat tinggi sekitar 45,6% dan (3) hasiliiperhitungan denganiiSPSS terlihatiibahwa nilai Fiihitung adalahiisebesar 152.308iidengan nilai probabilitasiisebesar 0.000 yang lebihiikecil dariiinilai alpha (0,05). Disimpulkan bahwa pengaruh intensitas bermain game terhadap minat belajar bersifat signifikan dengan nilai R square 0,461. Maka pengaruh intensitas bermain game terhadap minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebesar 46,1% sedangkan 53,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29278
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV