View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP GURU PROFESIONAL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (284.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (2.253Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (316.1Kb)
      ABSTRAK (257.7Kb)
      BAB I (353.3Kb)
      BAB II (386.6Kb)
      BAB III (338.1Kb)
      BAB IV (628.8Kb)
      BAB V (330.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (358.8Kb)
      LAMPIRAN (908.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.532Mb)
      Date
      2019-03-16
      Author
      SAPUTRO, ESTU DWI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Peneltian ini dilakukan untuk (1) mendeskripsikan konsep guru yang profesional menurut pemikiran Abu Bakar Muhammad dan Abdul Karim Bakkar serta (2) mencari perbedaan dan persamaan dari kedua konsep tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan, buku, dan dokumen lainnya. Analisis data dilakukan dengan menelaah suatu data dari umum ke khusus dan sebaliknya. Setelah itu dilakukan komparasi atau perbandingan untuk melihat hal-hal yang memiliki persamaan dan perbedaan dari data tersbut. Kemudian dimunculkan sebuah kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, didapati bahwa: (1) Konsep guru profesional menurut Ab Bakar Muhammad ada lima kriteria Pertama, sifat iman dan taqwa. Kedua, memiliki akhlak sosial yang baik. Ketiga, memiliki sifat semangat sejak menuntut ilmu. Keempat ,memiliki ketegasan, kebijaksanaan dan keteladanan. Kelima, bertanggung jawab terhadap keilmuannya. (2) Konsep guru profesional dalam pandangan Abdul Kar m Bakk r terdapat empat kriteria. Pertama, memiliki persiapan yang matang, mulai dari langkah awal yang harus ditempuh untuk menjadi guru sampai dengan memiliki proses pelatihan yang berkelanjutan. Kedua, berkepribadian seorang guru, yaitu sebagai orang yang berwawasan, sebagai teladan, sebagai pendidik, sebagai pembaharu pengetahuan. Ketiga, berakhlak yang baik. kempat, bertanggung jawab sebagai pengembang ranah akhlak siswa, sebagai jembatan antar generasi, mencerdaskan siswa, membantu siswa menentukan citacita, membangkitkan nalar kritis siswa, mendorong siswa pada pemikiran yang bersih, penyempurna kurikulum. (3) Kedua pemikiran ulama tersebut memiliki banyak persamaan dilihat dari empat aspek, yaitu aspek kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Terdapat perbedaan yang cukup jauh pada aspek pedagogik seorang guru, yang mana Abu Bakar Muhammad tidak menekankan aspek ini. Adapun yang lebih relevan dengan zaman sekarang adalah konsep guru profesional menurut Abdul Karim Bakkar
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29313
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV