View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI TINGKAT KREATIVITAS GURU TPA DALAM PENGELOLAAN KELAS DI TPA AL- MUTTAQUN KEBONDALEM KIDUL PRAMBANAN KLATEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (111.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (750.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (241.5Kb)
      ABSTRAK (178.8Kb)
      BAB I (223.5Kb)
      BAB II (481.3Kb)
      BAB III (222.2Kb)
      BAB IV (406.8Kb)
      BAB V (110.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (313.8Kb)
      LAMPIRAN (248.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (892.0Kb)
      Date
      2019-10-09
      Author
      DZIKRIWATI, LINTANG KHOIRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Peneitian ini bertujuan untuk mengevaluasi guru TPA Al- Muttaqun Kebondalem Kidul Prambanan Klaten. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas, Sejauhmana tingkat kreativitas guru dalam mengelola kelas, hambatan kreativitas guru dalam mengelola kelas, dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kretivitas guru dalam mengelola kelas di TPA Al- Muttaqun Kebondalem Kidul Prambanan Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix mehod. Subjek pada penelitian ini yaitu guru TPA Al- Muttaqun. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan prosentase statistik deskripstif, serta analisis data kualitatif menggunakan teori miles & huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1.) Kemampuan Guru dalam mengelola kelas masuk dalam kategori kurang, dimana Guru pengampu belum menciptakan pembelajaran yang kondusif. (2.) Tingkat kreativitas Guru dalam mengelola kelas masuk dalam kategori sedang yaitu pada aspek menciptakan kelas yang merangsang pembelajaran kreatif. (3.) Hambatan kreativitas Guru dalam mengelola kelas yaitu Guru TPA Al- Muttaqun bukan dari lulusan tarbiyah/pendidikan sehingga Guru mengalami kesulitan dalam mengajar/ mengelola kelas, seperti pemilihan model & metode pembelajaran, pengaturan fisik kelas, pemecahan suatu masalah dikelas, kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran (4.) Strategi Guru dalam meningkatkan kreativitas dalam mengelola kelas yaitu dengan menambah wawasan dan pengetahuan dari youtube/ searching google yang berhubungan dengan dunia pendidikan misalnya cara menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan suatu pembelajaran yang aktif dan kreatif
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30332
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV