View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA PENERIMA PROGRAM BEASISWA HAFIZ DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (346.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.829Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (740.9Kb)
      ABSTRAK (822.5Kb)
      BAB I (798.3Kb)
      BAB II (974.2Kb)
      BAB III (419.1Kb)
      BAB IV (792.4Kb)
      BAB V (389.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (506.1Kb)
      LAMPIRAN (2.612Mb)
      Date
      2019-07-25
      Author
      KAMARULZAMAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi menghafal Al-Qur‟an bagi mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa hafiz, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses menghafal Al-Qur‟an serta dampak positif bagi orang lain. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang utama adalah teknik wawancara. Selain itu juga observasi partisipatif agar data yang diperoleh lebih valid, dan disertai dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitiatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Analisis sebelum di lapangan dilakukan terhadap data-data sekunder yang akan digunakan untuk menentukan fokus penelitian yang masih sementara dan masih bisa berkembang selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh para mahasiwa/i penerima beasiswa hafiz yaitu dengan menggunakan pengulangan atau muroja‟ah yang dilakukan dengan sistem tidak beralih dari ayat berikutnya sebelum ayat sebelumnya yang sedang dihafal benar-benar hafal. Untuk faktor penghambat pelaksanaan menghafal Al-Qur‟an antara lain: kondisi lingkungan, malas dan kecapekan. Serta faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur‟an adalah: Istiqamah dalam menghafal, motivasi diri sendiri, manajemen waktu, dan tempat untuk menghafal. Implikasi dampak positif yang telah dilakukan oleh mahasiswa/i penghafal Al-Qur‟an di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu, untuk orang-orang sekitarnya seperti teman-teman yang belum menjadi penghafal Al-Qur‟an yang secara tidak langsung mereka termotivasi untuk mencoba menghafal Al- Qur‟an dengan seringnya berinteraksi dengan para pengafal Al-Qur‟an.Dalam menjaga hafalan yang telah dilakukan oleh mahasiswa/i penerima beasiswa hafiz di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu dengan muroja‟ah atau mengulang hafalan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30459
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV