ANALISIS STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA PENERIMA PROGRAM BEASISWA HAFIZ DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi
menghafal Al-Qur‟an bagi mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa hafiz,
untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam
proses menghafal Al-Qur‟an serta dampak positif bagi orang lain.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang utama adalah
teknik wawancara. Selain itu juga observasi partisipatif agar data yang
diperoleh lebih valid, dan disertai dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian kualitiatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di
lapangan, dan setelah di lapangan. Analisis sebelum di lapangan dilakukan
terhadap data-data sekunder yang akan digunakan untuk menentukan fokus
penelitian yang masih sementara dan masih bisa berkembang selama
penelitian berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh para
mahasiwa/i penerima beasiswa hafiz yaitu dengan menggunakan
pengulangan atau muroja‟ah yang dilakukan dengan sistem tidak beralih dari
ayat berikutnya sebelum ayat sebelumnya yang sedang dihafal benar-benar
hafal. Untuk faktor penghambat pelaksanaan menghafal Al-Qur‟an antara
lain: kondisi lingkungan, malas dan kecapekan. Serta faktor pendukung
dalam menghafal Al-Qur‟an adalah: Istiqamah dalam menghafal, motivasi
diri sendiri, manajemen waktu, dan tempat untuk menghafal. Implikasi
dampak positif yang telah dilakukan oleh mahasiswa/i penghafal Al-Qur‟an
di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu, untuk orang-orang
sekitarnya seperti teman-teman yang belum menjadi penghafal Al-Qur‟an
yang secara tidak langsung mereka termotivasi untuk mencoba menghafal Al-
Qur‟an dengan seringnya berinteraksi dengan para pengafal Al-Qur‟an.Dalam
menjaga hafalan yang telah dilakukan oleh mahasiswa/i penerima beasiswa
hafiz di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu dengan muroja‟ah atau
mengulang hafalan.