View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      POLA INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DAN PENINGKATAN KEDISIPLINAN (STUDI KASUS SMK MUHAMMADIYAH 1 GAMPING)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (266.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (344.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (403.7Kb)
      INTISARI (78.21Kb)
      BAB I (104.6Kb)
      BAB II (174.5Kb)
      BAB III (90.26Kb)
      BAB IV (143.6Kb)
      BAB V (68.52Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (84.08Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (277.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (182.6Kb)
      Date
      2019
      Author
      ROSYIDI, MUHAMMAD YUSUF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini di latar belakangi karena kedisiplinan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari tujuan pendidikan. Oleh sebab itu pola interaksi guru dengan siswa dan peningkatan kedisiplinan merupakan salah satu pondasi yang penting dalam membentuk manusia yang berada di lingkungan sosial. Peneliti ini bertujuan (1) untuk mengetahui pola interaksi antara guru dengan siswa dalam proses peningkatan kedisplinan pada siswa di SMK Muhammadiyah 1 Gamping (2) untuk menganalisa upaya peningkatan kedisplinan pada siswa di SMK Muhammadiyah 1 Gamping (3) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat interaksi guru dengan siswa dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Gamping. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskritif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru PAI dan guru BK. Data dikumpulkan dengan wawancara sebagai metode utama, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Data yang sudah dianalisis secara deskriptif. Hasil menujukkan bahwa : (1) Pola interaksi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa cukup baik, menggunkan pola interaksi multi arah. Terlihat dengan pola interaksi multi arah siswa lebih terkontrol dalam sikap maupun saat pembelajaran dilaksanakan. Namun ada beberapa guru melakukan pola interaksi satu arah untuk memberikan motivasi siswa (2) Upaya peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah sudah cukup baik, ditujukkan dengan guru selalu memberikan nasehat, memotivasi siswanya, dan memberikan hukuman yang positif terhadap siswa yang melanggarnya. Tujuannya siswa jera dan tidak mengulangi perbuatannya kembali (3) Faktor pendukung guru dalam peningkatan kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah Gamping : (a) kesadaran (b) minat dan motivasi (c) orang tua dan lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat guru dalam peningkatan kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah Gamping adalah tidak adanya kesadaran siswa dalam dirinya, lingkungan, dan orang tua untuk melakukan disiplin
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30599
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV